People Innovation Excellence
 

Program Orientasi Mahasiswa ala BINUS

Jakarta, 23 Agustus 2018 – Program Orientasi Mahasiswa telah dimulai, semua perguruan tinggi mengadakan kegiatan Program Orientasi Mahasiswa Baru dengan berbagai cara. Hingga saat ini, jika mendengar dan melihat kegiatan tersebut selalu menjadi momok bagi mahasiswa baru maupun orang tua. Namun belakangan pemerintah genjar untuk mengajak semua perguruan tinggi terus berbenah di an melakukan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan program orientasi mahasiswanya sehingga stigma orientasi tidak cenderung ke hal-hal yang negatif.

Di Indonesia berbagai perguruan tinggi telah melakukan inovasi terhadap program-program pekan orientasinya, salah satunya adalah perguruan tinggi ternama di Jakarta, BINUS UNIVERSITY (BINUS). Pagi ini BINUS menyelenggarakan Welcoming BINUSIAN 2022 serentak di wilayah Jakarta, Alam Sutera, Bekasi, Bandung dan Malang. Welcoming BINUSIAN 2022 merupakan Pekan Orientasi Mahasiswa Baru ala BINUS yang diberi nama First Year Program (FYP). Tahun ini FYP mengangkat tema “Be Lifelong Learners Through Fostering And Empowering.

FYP merupakan istilah program yang disusun untuk menyambut mahasiswa baru yang akan menempuh perkuliahan selama 4 tahun. Program ini merupakan kegiatan wajib yang diikuti oleh mahasiswa baru (atau yang disebut Freshmen) sebelum memasuki awal perkuliahan di BINUS UNIVERSITY. Tahun ini, FYP diikuti lebih dari 8000 BINUSIAN yang tersebar di area kampus BINUS UNIVERSITY, seperti di Kampus Anggrek, Kampus Syahdan, Kampus Kijang, Kampus Alam Sutera, Kampus Senayan dan Kampus Bekasi.

Melalui FYP ini para Freshmen diharapkan dapat memahami visi, misi, nilai BINUS UNIVERSITY agar terbangun sikap dan perilaku positif dalam menuntaskan tugas-tugas belajar di BINUS UNIVERSITY.
FYP terdiri dari 2 kegiatan, yaitu Freshmen Enrichment Program (FEP) dan FYP Session. FEP terdiri dari General Orientation (selama 1 minggu) dan Academic Orientation (selama 2 minggu). Pada General Orientation, Freshmen akan diperkenalkan sikap dan perilaku positif terhadap kehidupan perkulihan di BINUS UNIVERSITY. Sedangkan selama Academic Orientation, Freshmen akan dipersiapkan dengan berbagai study skills yang dapat membantunya untuk menemukan strategi belajar yang sesuai dengan jurusan yang dijalaninya. Setelah mengikuti FEP, para Freshmen akan mengikuti FYP Session pada semester 1 dan 2. Selama di tahun pertama ini, Freshmen akan diberikan berbagai kegiatan untuk membantu mereka beradaptasi dengan kehidupan kampus, mulai dari perkuliahan, pengenalan potensi diri, kehidupan sosial, penguatan kemampuan berbahasa Inggris dan juga hal-hal yang terkait social awareness.

Fakta menarik dalam kegiatan FYP BINUS UNIVERSITY yaitu selalu tampak mahasiswa-mahasiswi mengenakan almamater/seragam khusus yang selalu semangat membantu adik-adik kelas mereka. Mahasiswa-mahasiswi ini adalah para Freshmen Leader (FL), Freshmen Partner (FP) dan English Tutor (ET). FL merupakan mahasiswa yang mendampingi Freshmen selama FEP. Sedangkan selama FYP Session, para Freshmen akan didampingi oleh FP yang akan mendampingi Freshmen setahun penuh dalam menyesuaikan diri dalam perkuliahan, dan ET akan siap membantu para Freshmen mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Seluruh mahasiswa yang berperan selama kegiatan FYP ini merupakan mahasiswa-mahasiswi pilihan dan telah menjalani proses seleksi dan pembekalan. Program seperti ini merupakan salah satu cara BINUS UNIVERSITY yang membuat program orientasi mahasiswa barunya sangat jauh dari kesan kekerasan karena peran FL dan FP lebih sebagai mitra yang siap sedia menjembatani komunikasi antara universitas dan para mahasiswa baru.

“Dengan berlangsungnya First Year Program 2018 ini, diharapkan BINUS UNIVERSITY dapat terus membangun anak bangsa dalam memberikan nilai kontribusi serta memberdayakan dan membina nusantara yang lebih baik lagi” Ujar Bernard Gunawan, Ketua Yayasan BINA NUSANTARA.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close