People Innovation Excellence

‘The Shallows’: Perempuan Cantik Melawan Hiu

shallows2

Jakarta – Musim panas adalah waktunya kita menonton film yang berlemak, rendah kalori namun begitu renyah saat dinikmati. Siapa peduli kalau MSG-nya kebanyakan, yang penting bersenang-senang. Blake Lively dan sutradara Jaume Collet-Serra menawarkan itu dalam ‘The Shallows’.

Perempuan dengan bentuk tubuh memikat yang kebetulan berambut pirang bernama Nancy Adams (Blake Lively) pergi menyendiri ke Meksiko untuk melihat pantai favorit ibunya yang sudah meninggal. Sahabatnya memilih tinggal di hotel karena mabuk. Tapi Nancy tidak peduli. Yang ada hanyalah pasir putih, burung-burung berterbangan dan laut yang begitu biru.

Nancy masih sempat bertemu dengan dua cowok yang juga seorang surfer. Tapi misi Nancy Adams cuma satu dan itu adalah bersenang-senang di pantai favorit ibunya. Sampai akhirnya ada hiu dan semuanya berubah menjadi film horor.

Jaume Collet-Serra memang lebih sibuk berkolaborasi dengan Liam Neeson dalam tiga film terakhirnya. ‘Unknown’, ‘Non-Stop’ dan ‘Run All Night’ menunjukkan bagaimana Collet-Serra dalam mengatur tensi dan membuat adegan-adegan aksi. Remake ‘House of Wax’ memang lebih terkenal sebagai film dengan Paris Hilton mempertontonkan tubuhnya dan tewas dibunuh. Namun, dibandingkan dengan remake kebanyakan, film tersebut masih asyik untuk dinikmati. Sementara itu, ‘Orphan’ menunjukkan bagaimana telatennya Collet-Serra dalam mengatur batu bata untuk mengguncangkan semua indra penonton.

‘The Shallows’ tidak menawarkan twist gila. Misinya sederhana: bagaimana seorang perempuan cantik melawan hiu. Tidak kurang, tidak lebih. Film ini jelas masuk kategori kelas B. Namun bukan berarti Collet-Serra tidak membungkusnya menjadi tontonan yang seru. Skrip warisan dari Anthony Jaswinski dengan sederhana memberikan background yang tepat untuk membuat pahlawan kita tetap bisa bertahan. Beberapa trik yang dilakukan Nancy dalam menghadapi si hiu juga kadang-kadang cerdik, mengingat kondisi yang ada.

Tapi itu semua tidak akan komplit tanpa aktor yang total. Memerankan Nancy Adams memang tidak membutuhkan kualitas akting kelas Oscar, tapi Blake Lively total memainkannya. Alumni serial ‘Gossip Girl’ ini dengan cerdik akan membuat Anda terpikat dengan karakternya sehingga sampai hiu mulai menyerang, Anda akan mulai terlibat dalam ceritanya dan berharap dia akan selamat. Setiap teriakan dan air matanya membuat penonton dengan mudah tercebur dalam petualangan mematikan ini.

Musik dari Marco Beltrami sangatlah membantu untuk menciptakan suasana yang tegang. Dan gambar-gambar dari sinematografer Flavio Labiano sangatlah indah sehingga Anda ingin ikutan nyebur ke pantai. Tapi memang Collet-Serra-lah yang semakin lama semakin ahli dalam mengatur tempo film sehingga ketegangannya tetap terjaga.

‘The Shallows’ adalah tontonan ringan dan singkat―hanya 86 menit―yang Anda butuhkan di musim panas ini. Tidak perlu berpikir panjang tapi menegangkan. Dan ada si cantik Blake Lively sebagai pemandunya? Kurang apa lagi?

Candra Aditya penulis, pecinta film. Kini tengah menyelesaikan studinya di Jurusan Film, Binus International, Jakarta.

Sumber: http://hot.detik.com/premiere/d-3273156/the-shallows-perempuan-cantik-melawan-hiu


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close