People Innovation Excellence

Tech Media Talk (Ability) – Hendra JP

Tanggal 8 Maret 2016 lalu, Saya berkesempatan menjadi pembicara dalam program rutin yang diselenggarakan oleh Binus International University. Kegiatan yang berlangsung setiap Selasa ini bertajuk “Teck Media Talk”. Peserta yang diperbolehkan hadir tidak hanya mahasiswa program komunikasi Binus International University yang pada umumnya berusia 17-24 tahun, tetapi juga terbuka untuk orang-orang dari luar kampus. Selain itu, rekaman pemaparan masing-masing pembicara juga dipublikasikan melalui ‘channel’ youtube Tech Media Talk Indonesia dan Binus TV.
Setiap pekan, Tech Media Talk mengangkat topik yang beraneka ragam. Narasumber yang terdiri atas dua hingga tiga orang masing-masing memiliki waktu pemaparan selama sekitar dua puluh menit, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab. Biasanya, narasumber menyampaikan informasi serta berbagi pengalaman seputar kehidupan Mereka. Tujuan kegiatan tersebut untuk membuka wawasan para Mahasiswa sehingga dapat membuat Mereka menemukan “passion”-nya sendiri dan berusaha meraihnya. Karena kesuksesan tidak dapat dinilai dari nominal harta yang Kita miliki, melainkan dari kebahagiaan yang Kita rasakan.
Topik saat Saya menjadi pembicara adalah “ability”. Selain Saya, Faisal Rusdi juga menjadi pembicara pada kesempatan tersebut. Kami diminta untuk membuat peserta yang menyaksikan pemaparan Kami tidak hanya melihat kesulitan yang harus Kami hadapi dan telah Kami alami, tetapi justru berfokus pada kemampuan serta hal-hal positif yang mampu Kami lakukan. Saya juga diminta menceritakan permasalahan yang Saya hadapi diusia belasan tahun serta cara Saya mengatasinya.
Bagi Saya, kegiatan tersebut sangat menarik karena Saya dapat berbagi dan berharap dapat memotivasi lebih banyak orang dengan apa yang Saya mampu. Terlebih, Mahasiswa juga diminta menyampaikan apa yang sudah Mereka dengar serta bagaimana hal tersebut dapat menginspirasi Mereka melalui media sosial. Sehingga, diharapkan gagasan serta pemikiran dari para pembicara dapat diketahui oleh lebih banyak orang.
Berikut ini adalah tulisan dan presentasi yang Saya buat untuk program Tech Media Talk. Kegiatan berlangsung dalam Bahasa Inggris, jadi Saya berusaha menyampaikan materi juga dengan Bahasa Inggris. Selamat membaca.

My name is Hendra Jatmika Pristiwa. You can call me Hendra. I’m sure that you have already noticed there is something different in myself. Yes, I’ve been blind since I was born. Can you guess what topic I’m going to share today? If you think that I’m gonna tell you about my difficulties and sorrow due to my blindness, you’re absolutely wrong. I’m gonna share about how I could reach my dreams and achieved my goals in the middle of my disabilities. I know that there are many issues and problems about disabled people, including blind, such as accessibilities, discriminations, and etc. However, they will take such a long time to be explained here. Moreover, there are many disability right advocates who have already struggled about those issues.

Sumber:

Tech Media Talk (Ability) – Hendra JP


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close