People Innovation Excellence

Binus Raih Akreditasi Sekolah Bisnis Internasional

JAKARTA, KOMPAS.com – European Foundation for Management Development (EFMD) adalah organisasi nirlaba yang mengakreditasi sekolah bisnis internasional berbasis di Belgia, Eropa. Mereka baru saja memberikan akreditasi internasional kepada Universitas Bina Nusantara atau Binus University.

EFMD mengeluarkan dua kriteria akreditasi, yaitu EFMD Improvement Quality System (EQUIS) dan EFMD Programme Accreditation System (EPAS). EQUIS merupakan akreditasi di tingkat universitas, sedangkan EPAS merupakan akreditasi untuk tingkat program studi. Binus University International mendapatkan akreditasi EFMD Programme Accreditation System (EPAS) untuk program S-1 International Accounting & Finance.

Rektor Binus University Prof Harjanto Prabowo menjelaskan bahwa akreditasi internasional yang didapatkan dari EFMD itu merupakan bentuk pengakuan internasional bahwa Binus University resmi menjadi salah satu world class university. Pengakuan internasional itu berguna bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri atau bekerja di negara lain dan perusahaan multinasional.

“Hal ini disebabkan sudah terbentuknya akademik dan pola pikir mahasiswa secara global,” ujar Harjanto usai menerima plakat Asian Make Winners 2014 di Joseph Wibowo Center, Kampus Binus Senayan, Selasa (20/1/2015).

Harjanto menambahkan, banyak universitas di Indonesia yang mengklaim berstandar world class university, padahal standar internasional tersebut harus didapatkan apabila universitas telah mendapatkan pengakuan lewat akreditasi internasional. Baca: Ini Syarat Menjadi “World Class University”!.

Sementara itu, Dekan Eksekutif Binus Internasional, Firdaus Alamsjah, menambahkan bahwa akreditasi yang didapatkan berguna untuk menghadapi persaingan saat Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) berlaku tahun ini.

“Dengan adanya akreditasi ini, setelah lulus nanti mahasiswa akan mampu bertahan di negara sendiri, terutama saat gempuran pekerja asing masuk Indonesia. Bukan hanya itu. Saya juga berharap agar mahasiswa secara mental dan akademik tak kalah saat bersaing di luar negeri,” kata Firdaus.

Adapun EPAS diperoleh Binus University untuk periode tiga tahun, terhitung mulai 2015 hingga 2018. Sampai saat ini, Binus University menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil meraih akreditasi internasional untuk sekolah bisnis dan manajemen dari EFMD.

Sumber : http://edukasi.kompas.com/read/2015/01/22/17324881/Binus.Raih.Akreditasi.Sekolah.Bisnis.Internasional


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close