Twenty Four, Game Matematika Asyik Bikinan Anak Binus

source: www.detik.com

Rachmatunisa – detikinet
Selasa, 18/12/2012 18:38 WIB

Crying Onion, kiri-kanan: Falin, Vito, Jason

Jakarta – Bergabung di Windows 8 Developer Conference adalah kesempatan yang menyenangkan bagi Vito Budiman dan rekan-rekannya. Diakuinya, ajang ini membantu setiap ide yang muncul untuk diwujudkan dalam sebuah karya aplikasi. Salah satunya, aplikasi game bernama Twenty Four.

Twenty Four adalah permainan matematika sederhana yang mengasyikkan. Dengan angka-angka yang disediakan, pemain harus melakukan operasi matematika yang menghasilkan angka ’24’. Itu sebabnya, game ini dinamakan Twenty Four.

“Download-nya sekarang sudah tembus 2.600. Twenty Four ada di urutan 121 Windows Store worldwide. Kalau di Indonesia salah satu top 5,” kata Vito mewakili rekan-rekannya.

Lebih menyenangkan lagi, dikatakannya Vito, average usage per hari setiap aplikasi di Windows Store adalah setengah menit. Sementara game yang dikembangkannya, memiliki average usage 13 menit per hari.

“Senang banget, ini 26 kali lebih lama dibandingkan game lain di kategori yang sama,” kata Vito sumringah.

Tergabung dalam tim bernama Crying Onion, bersama empat teman lainnya, Falin Chrisna, Eric Wishnu Saputra, Michelle Sherrina dan Shan Markus Susanto, Vito tak hanya membuat game Twenty Four. Saat ini baru ada lima aplikasi yang mereka buat.

“Dua diantaranya branded app yang dijual ke Unilever. Ke depannya, kita juga mau buat aplikasi ini terhubung ke jejaring sosial,” ujar Vito.

Awalnya, membuat aplikasi bagi tim Crying Onion hanyalah iseng-iseng dan menyalurkan hobi. Namun mereka kemudian menemukan keasyikan tersendiri. Diakui mereka, hal paling menyenangkan dalam membuat aplikasi adalah ketika mengetahui karya mereka disukai banyak orang.

“Rasanya jadi tambah semangat. Tahu ada ribuan orang yang download aplikasi kita itu rasanya tak tergantikan,” kata Falin Chrisna, anggota tim Crying Onion lainnya.

Ditambahkan Vito, acara seperti Windows 8 Developer Conference memberinya kesempatan untuk mendapatkan pengalaman berharga. Antara lain, mendapatkan bimbingan membuat dan memasarkan aplikasi. Mereka juga berkesempatan berjualan aplikasi mereka ke pasar internasional.

Twenty Four adalah salah satu game yang terpilih di peringkat tiga terbaik ajang Windows 8 Developer Conference yang diadakan Microsoft bekerjasama dengan Binus University, Selasa (18/12/2012).

Selain Twenty Four buatan Crying Onion, ada pula Maru Toy Catch, yang dibuat tim Gloomy Onion dan Michiko buatan tim RTRD yang menempati urutan ‘Top 3’Windows 8 Developer Conference.

Maru Toy adalah permainan yang mengajak pemain mendapatkan boneka dari mesin boneka. Sementara Michiko, adalah aplikasi yang membantu pengguna belajar cara menulis huruf Jepang.

( rns / fyk )