Proyek Hibah 1 Juta Euro Untuk Pembenahan Model Pendidikan

JAKARTA – Sebanyak lima institusi pendidikan Eropa dan enam institusi pendidikan di Indonesia berkolaborasi dalam Indoped, sebuah proyek pengembangan sistem pengajaran yang lebih kreatif. Sistem ini merangsang kreativitas mahasiswa, serta mengubah metode pembelajaran yang selama ini terpaku kepada dosen, mentor dan fasilitator. Sistem pengajaran ini juga meningkatkan keaktifan membangun kerjasama antar universitas dengan korporasi, sehingga mahasiswa mendapatkan kesempatan lebih untuk melatih kompetensinya di dunia industri.

Institusi pendidikan yang tergabung dalam kelompok Eropa adalah Turku University of Applied Science (TUAS), Inholand University, University of Seville, Erhvervsakademi Aarhus (EAAA), dan University of Gdansk. Sementara dari Indonesia adalah BINUS University International (BUI), State Islamic University Syarif Hidayatullah (UIN), State University of Yogyakarta (UNY), Widya Mandala Catholic University (UKWM), Syiah Kuala University (UNSYIAH), dan Southeast Asian Minister of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC).

Projek kerjasama pendidikan ini mendapatkan dana hibah European Union (EU) sebesar 1 juta Euro. Kerjasama projek ini berlangsung selama 3 tahun dari 2016 sampai 2019.

Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti, Patdono Suwignjo mengatakan kerjasama yang baik ini dapat menciptakan peningkatan model pendidikan di Indonesia. “Selama tiga tahun lembaga pendidikan di Indonesia yang bekerjasama ini akan mendapatkan riset tentang pendidikan yang telah ditetapkan oleh Negara Eropa yang lebih dikenal Innovative Learning Methods,” kata Patdono dalam acara Opening Ceremony Indoped di BUI, Selasa (12/4/2016).

Para dosen akan mendapatkan pendidikan baru dalam metode pembelajaran di negara Eropa. “Para dosen dan mahasiswa Indonesia akan mendapat kesempatan belajar langsung ke negera Eropa. Kerjasama ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh institusi pendidikan tersebut,” tegas Patdono.

Sumber:
http://technology-indonesia.com/component/content/article/130-umum/1003-proyek-hibah-1-juta-euro-untuk-pembenahan-model-pendidikan

Whatsapp