People Innovation Excellence

Proyek Hibah 1 Juta Euro Untuk Pembenahan Model Pendidikan

JAKARTA – Sebanyak lima institusi pendidikan Eropa dan enam institusi pendidikan di Indonesia berkolaborasi dalam Indoped, sebuah proyek pengembangan sistem pengajaran yang lebih kreatif. Sistem ini merangsang kreativitas mahasiswa, serta mengubah metode pembelajaran yang selama ini terpaku kepada dosen, mentor dan fasilitator. Sistem pengajaran ini juga meningkatkan keaktifan membangun kerjasama antar universitas dengan korporasi, sehingga mahasiswa mendapatkan kesempatan lebih untuk melatih kompetensinya di dunia industri.

Institusi pendidikan yang tergabung dalam kelompok Eropa adalah Turku University of Applied Science (TUAS), Inholand University, University of Seville, Erhvervsakademi Aarhus (EAAA), dan University of Gdansk. Sementara dari Indonesia adalah BINUS University International (BUI), State Islamic University Syarif Hidayatullah (UIN), State University of Yogyakarta (UNY), Widya Mandala Catholic University (UKWM), Syiah Kuala University (UNSYIAH), dan Southeast Asian Minister of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC).

Projek kerjasama pendidikan ini mendapatkan dana hibah European Union (EU) sebesar 1 juta Euro. Kerjasama projek ini berlangsung selama 3 tahun dari 2016 sampai 2019.

Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti, Patdono Suwignjo mengatakan kerjasama yang baik ini dapat menciptakan peningkatan model pendidikan di Indonesia. “Selama tiga tahun lembaga pendidikan di Indonesia yang bekerjasama ini akan mendapatkan riset tentang pendidikan yang telah ditetapkan oleh Negara Eropa yang lebih dikenal Innovative Learning Methods,” kata Patdono dalam acara Opening Ceremony Indoped di BUI, Selasa (12/4/2016).

Para dosen akan mendapatkan pendidikan baru dalam metode pembelajaran di negara Eropa. “Para dosen dan mahasiswa Indonesia akan mendapat kesempatan belajar langsung ke negera Eropa. Kerjasama ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh institusi pendidikan tersebut,” tegas Patdono.

Sumber:
http://technology-indonesia.com/component/content/article/130-umum/1003-proyek-hibah-1-juta-euro-untuk-pembenahan-model-pendidikan


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close