In.Code, Ruang Temu Pemecahan Solusi Pembangunan Lewat Teknologi

Liputan6.com, Jakarta – Open Goverment Indonesia, lembaga independen, merilis program Innovation and Collaboration for Development atau In.Code, sebuah kompetisi inovasi teknologi dalam menciptakan solusi nyata bagi pembangunan.

Tak sendiri, Open Goverment Indonesia berkolaborasi dengan The Asia Foundation, Twitter, Google, Pulse Lab Indonesia, pemerintah
Australia, British Council, AmCham Indonesia, dan Universitas Bina Nusantara (BINUS) International.

In.Code adalah ruang pertemuan yang menciptakan peluang kolaborasi antara organisasi masyarakat sipil dengan universitas, instansi pemerintah, hingga pengembang teknologi atau aplikasi untuk memecahkan tantangan pembangunan.

Saat ini ada empat isu utama yang tengah menjadi tantangan saat ini, antara lain pelayanan publik, tata kelola lingkungan hidup dan pemanfaatan sumber daya alam, pemberdayaan masyarakat desa dengan pemanfaatan data, serta DPR/DPRD yang lebih terbuka dan akuntabel.

Adapun, kolaborasi antara organisasi/institusi/lembaga mencakup:

  1. Pengajuan konsep tantangan/masalah yang berfokus ke 4 isu.
  2. Konsep tantangan/masalah akan dibaca oleh praktisi teknologi/developer.
  3. Apabila tantangan yang diajukan dirasa cocok, praktisi teknologi/developers akan menghubungi dan meminta kerjasama dengan oraganisasi/institusi/lembaga terkait untuk mengembangkan prototype inovasi sebagai jawaban tantangan pembangunan.
  4. Puncaknya, 10 purwarupa terbaik akan menerima penghargaan sekaligus mempromosikan prototype tersebut di depan perusahaan, donor, lembaga pemerintah dan organisasi lain yang dapat membantu perwujudan purwarupa tersebut pada April mendatang.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengunjungi situs resmi In.Code di tautan ini.

Open Goverment Indonesia sendiri merupakan sebuah gerakan yang didirikan pada 20 September 2011. Tujuan gerakan ini adalah membangun pemerintahan yang lebih terbuka, lebih partisipatif, dan lebih inovatif.

(Cas)

(Source: http://tekno.liputan6.com/read/2431711/incode-ruang-temu-pemecahan-solusi-pembangunan-lewat-teknologi)

Whatsapp