People Innovation Excellence

In.Code, Ruang Temu Pemecahan Solusi Pembangunan Lewat Teknologi

Liputan6.com, Jakarta – Open Goverment Indonesia, lembaga independen, merilis program Innovation and Collaboration for Development atau In.Code, sebuah kompetisi inovasi teknologi dalam menciptakan solusi nyata bagi pembangunan.

Tak sendiri, Open Goverment Indonesia berkolaborasi dengan The Asia Foundation, Twitter, Google, Pulse Lab Indonesia, pemerintah
Australia, British Council, AmCham Indonesia, dan Universitas Bina Nusantara (BINUS) International.

In.Code adalah ruang pertemuan yang menciptakan peluang kolaborasi antara organisasi masyarakat sipil dengan universitas, instansi pemerintah, hingga pengembang teknologi atau aplikasi untuk memecahkan tantangan pembangunan.

Saat ini ada empat isu utama yang tengah menjadi tantangan saat ini, antara lain pelayanan publik, tata kelola lingkungan hidup dan pemanfaatan sumber daya alam, pemberdayaan masyarakat desa dengan pemanfaatan data, serta DPR/DPRD yang lebih terbuka dan akuntabel.

Adapun, kolaborasi antara organisasi/institusi/lembaga mencakup:

  1. Pengajuan konsep tantangan/masalah yang berfokus ke 4 isu.
  2. Konsep tantangan/masalah akan dibaca oleh praktisi teknologi/developer.
  3. Apabila tantangan yang diajukan dirasa cocok, praktisi teknologi/developers akan menghubungi dan meminta kerjasama dengan oraganisasi/institusi/lembaga terkait untuk mengembangkan prototype inovasi sebagai jawaban tantangan pembangunan.
  4. Puncaknya, 10 purwarupa terbaik akan menerima penghargaan sekaligus mempromosikan prototype tersebut di depan perusahaan, donor, lembaga pemerintah dan organisasi lain yang dapat membantu perwujudan purwarupa tersebut pada April mendatang.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengunjungi situs resmi In.Code di tautan ini.

Open Goverment Indonesia sendiri merupakan sebuah gerakan yang didirikan pada 20 September 2011. Tujuan gerakan ini adalah membangun pemerintahan yang lebih terbuka, lebih partisipatif, dan lebih inovatif.

(Cas)

(Source: http://tekno.liputan6.com/read/2431711/incode-ruang-temu-pemecahan-solusi-pembangunan-lewat-teknologi)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close