Akreditasi Internasional, Senjata Menuju “World Class University”

KOMPAS.com – Akreditasi masih menjadi aspek utama dalam lembaga pendidikan, terutama pendidikan tinggi, terlebih akreditasi dari luar negeri atau internasional. Semua itu tak hanya penting bagi perguruan tinggi, melainkan juga program studi di universitas tersebut.

Zaman semakin maju, dan globalisasi juga menuntut perguruan tinggi memiliki akreditasi terbaik di setiap program studinya. Akreditasi, terutama internasional, akan mampu menunjukkan kualitas dari sebuah program studi di universitas.

“Akreditasi itu kan berarti ada standar tertentu. Kita tidak bisa mengklaim diri kita sendiri bahwa kita memiliki kualitas internasional. Jadi, kita harus punya benchmark yang jelas, dan salah satu yang bisa memberikan objektif jelas, ya, akreditasi internasional,” jelas Tatum Syarifah Adiningrum, Head of Learning & Faculty Development Binus University International (BUI), di Jakarta, Selasa (9/12/2014).

Tatum mengatakan, Binus University International (BUI) pun menyadari hal itu. Akreditasi harus menjadi bagian penting dalam pengelolaan pendidikan.

“Akreditasi ini berpatokan pada visi untuk menjadi world class university. Untuk menjadi world class university berarti kita harus selevel dengan universitas lain di dunia secara kualitas.Measurement-nya, ya, melalui akreditasi internasional,” timpal Stephanus Remond Waworuntu, Dean of Faculty of Business BUI.

Untuk mewujudkan itu, fakultas bisnis di BUI kini telah mendapat akreditasi internasional. Akreditasi tersebut diberikan oleh EFMD (European Foundation of Management Development).

“Akreditasi untuk sekolah bisnis itu yang populer dan terkenal ada dua, afiliasi Amerika (US) dan afiliasi Eropa, EFMD. Jadi keduanya paling kuat saat ini untuk akreditasi business school,” jelas Remond.

 

Source: http://edukasi.kompas.com/read/2014/12/12/15000001/Akreditasi.Internasional.Senjata.Menuju.World.Class.University.

Whatsapp