People Innovation Excellence

Akreditasi Internasional, Senjata Menuju “World Class University”

KOMPAS.com – Akreditasi masih menjadi aspek utama dalam lembaga pendidikan, terutama pendidikan tinggi, terlebih akreditasi dari luar negeri atau internasional. Semua itu tak hanya penting bagi perguruan tinggi, melainkan juga program studi di universitas tersebut.

Zaman semakin maju, dan globalisasi juga menuntut perguruan tinggi memiliki akreditasi terbaik di setiap program studinya. Akreditasi, terutama internasional, akan mampu menunjukkan kualitas dari sebuah program studi di universitas.

“Akreditasi itu kan berarti ada standar tertentu. Kita tidak bisa mengklaim diri kita sendiri bahwa kita memiliki kualitas internasional. Jadi, kita harus punya benchmark yang jelas, dan salah satu yang bisa memberikan objektif jelas, ya, akreditasi internasional,” jelas Tatum Syarifah Adiningrum, Head of Learning & Faculty Development Binus University International (BUI), di Jakarta, Selasa (9/12/2014).

Tatum mengatakan, Binus University International (BUI) pun menyadari hal itu. Akreditasi harus menjadi bagian penting dalam pengelolaan pendidikan.

“Akreditasi ini berpatokan pada visi untuk menjadi world class university. Untuk menjadi world class university berarti kita harus selevel dengan universitas lain di dunia secara kualitas.Measurement-nya, ya, melalui akreditasi internasional,” timpal Stephanus Remond Waworuntu, Dean of Faculty of Business BUI.

Untuk mewujudkan itu, fakultas bisnis di BUI kini telah mendapat akreditasi internasional. Akreditasi tersebut diberikan oleh EFMD (European Foundation of Management Development).

“Akreditasi untuk sekolah bisnis itu yang populer dan terkenal ada dua, afiliasi Amerika (US) dan afiliasi Eropa, EFMD. Jadi keduanya paling kuat saat ini untuk akreditasi business school,” jelas Remond.

 

Source: http://edukasi.kompas.com/read/2014/12/12/15000001/Akreditasi.Internasional.Senjata.Menuju.World.Class.University.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close