People Innovation Excellence

Warnai Pengetahuan Dengan Keindahan Batik Indonesia part 2

Batik Indonesia – Nurul Akriliyati, S.Sn. yang juga merupakan dosen khusus bidang fashion fabric di Binus Northumbria School of Design (BNSD)  menuturkan, batik Pesisir pada umumnya memiliki ragam hias yang diambil dari alam ataupun perpaduan kebudayaan, namun tidak sedikit pula yang memiliki warna simbolis, dengan warna warni yang cemerlang. Batik Pesisir ini banyak dihasilkan di beberapa daerah pesisir utara Jawa, seperti : Betawi, Indramayu, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Kudus, Juwana, Lasem, Tuban, Gresik, Sidoarjo, Madura dan beberapa tempat lainnya.

“Batik Pesisir biasanya terdiri dari kepala kain dan badannya. Kepala kain memiliki ragam hias yang lebih rumit dan terdapat perbedaan warna yang mencolok diantara keduanya. Uniknya, Batik Indonesia Pesisir ini banyak dibubuhi tanda tangan orang yang memproduksinya, : seperti Oey Ping Hien, Oey Soe Tjoen, Mv. E Van Zuylen, dan lain-lain,“ tambah Nurul.

Kegiatan menjadi semakin menarik dengan adanya demo membatik dari Sekolah Batik Kampung Palbatu, dimana para peserta dapat belajar langsung cara membatik.

Di samping pameran, kegiatan juga dirangkai dengan talkshow mengenai Batik dengan judul “Lawasan Pesisir : Appreciate The Historical Value of the Archipelago through The Fabric”. Selain pengetahuan tentang Batik Indonesia, kegiatan “Coloring Your Knowledge” juga diisi dengan Workshop Fotografi yang dibawakan oleh Bambang Heriyanto (Koordinator Laboratorium Photography, Binus Northumbria School of Design (BNSD)).

Dalam workshop dengan topik Lighting Mood ini, pembicara menjelaskan mengenai lighting dalam studio fotografi, teknik penggunaan kamera dan cara pengambilan angle yang tepat dalam memotret sebuah objek. Peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan praktek secara langsung.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa Binus International, khususnya Binus Northumbria School of Design (BNSD) mengenai Batik dan Fotografi,” jelas Imam Budi Prasetiawan, S.S (Head of Library and Knowledge Center, Binus International) yang ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana kegiatan “Coloring Your Knowledge”.

Berdiri sejak tahun 2001, di lokasi strategis di daerah Senayan, Binus International menyelenggarakan pendidikan berstandar internasional dengan sistem dual degree yang memungkinkan mahasiswa mendapatkan dua gelar (Sarjana dari Binus International dan Bachelor dari universitas partner di luar negeri) ataupun Master’s Track Program dimana mahasiswa bisa menyelesaikan S1 dan S2 mereka dalam waktu yang lebih singkat (bekerjasama dengan Macquarie University, Australia).

 

Sumber : http://ebatiktrusmi.co.id/warnai-pengetahuan-dengan-keindahan-batik-indonesia-part-2/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close