People Innovation Excellence

Alanda Kariza: “Dream Big and Catch It”

alanda kariza alanda

Kali ini, KU mendapat kesempatan untuk ngobrol bareng Alanda Kariza, salah satu anak muda Indonesia yang terkenal melalui karyanya Buku DreamCacther, serta founder dari @IndonesianYouth dan masih banyak lagi. Ternyata di samping itu, ia juga merupakan penerima beasiswa penuh di Binus Internasional dan program beasiswa Study of the U.S. Institute for Student Leaders. Saat ditanyakan kegiatan apa saja yang pernah ia lakukan serta magang-magang yang pernah ia ikuti, Alanda menjawab bahwa sebagai Mahasiswi Internasional Business, ia pasti mengerjakan projek setiap tahunya, mulai dari marketing plan untuk NGO, mendirikan @borneoeyewear, mengikuti projek kolaborasi skala internasional, dan kerja magang. Alanda juga ikut dalam tim debat.

Saat ditanyakan bagaimana perjalanan kariernya hingga ia meraih kesuksesan, Alanda belum merasa sukses. Ia merasa jenjang kariernya baru saja dimulai. Saat ini, merupakan kali pertama Alanda menjadi pegawai di suatu perusahaan bukan lagi sebagai anak magang. Saat SMA, Alanda pernah mendaftar magang di British Council dan ia diterima didivisi Business Relations. Selai itu, ia pernah menjadi intern di Microsoft dibagian Sales dan di inisiatif @OpenGovIndo @UKP4. KU juga menanyakan, bagaimana cara Alanda menciptakan mimpi dan meraih mimpi-mimpinya. Alanda beranggapan bahwa hal yang paling mudah adalah dimulai dari hal yang kita sukai. Selain itu, ketahui kekurangan dan keinginan kita. Yang paling penting menurut Alanda adalah berani bermimpi dan berani mewujudkanya. Hal yang penting dalam mewujudkan mimpi menurut Alanda adalah memiliki mind set positif, kepercayaan diri, dan komitmen untuk mewujudkan mimpi. Selain itu, penting pula untuk mengetahui langkah-langkan untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita serta tenggat waktu pemwujudanya.

Alanda terkenal dengan buku tulisanya, “Dream Catcher”. Dalam bukunya, Alanda membahas empat poin dalam bermimpi: menciptakan impian – menyusun rencana – merealisasikan impian – dan menghidupinya. Di dalam buku tersebut, terdapat pengalaman anak-anak muda yang sudah berhasil mencapai impian mereka. Saat ditanya mengenai inspirasi, Alanda menjadikan anak-anak muda yang sudah berhasil sebagai inspirasinya. Selain itu, ia juga menjadikan orang-orang terdekatnya sebagai inspirasi. “Seringkali, inspirasi & motivasi datang dari orang-orang terdekat. Karena saya pikir kalau mereka bisa mencapai sesuatu, seharusnya saya juga bisa. Orang-orang yang saya cintai membuat saya bersemangat.” Kata Alanda. Saat ditanya mengenai prinsip hidup, Alanda bercerita, “Waktu kecil, pernah punya prinsip seperti ini: “If you cannot be the best, be the first”. Beranjak dewasa, Alanda memiliki prinsip lainya, “Jangan melakukan suatu hal hanya untuk mendapatkan perhatian atau pujian dari orang lain”. Ia beranggapan bahwa pada masa-masa kuliah, pasti terdapat godaan untuk melakukan hal-hal tertentu hanya untuk dianggap berprestasi, namun yang terpenting sesungguhnya adalah mengerjakan apa yang kita sukai dan mengembangkan diri.

Terakhir, membicarakan anak muda jaman sekarang, Alanda beranggapan bahwa yang dibutuhkan untuk bangsa kita pada saat ini adalah “Anak muda yang percaya bahwa mereka memiliki andil dalam perkembangan bangsa, dan bisa memberikan kontribusi positif utk Indonesia – apapun aktivitas mereka. Tidak perlu jadi politisi ataupun pebisnis kok, untuk membangun Indonesia :)”.
So, what are you waiting for? Dream big and catch it!

Sumber : http://kampusupdate.com/kuchat-alandakariza-dare-dream/


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close