People Innovation Excellence

‘How To Train Your Dragon 2’: Petualangan (Lebih) Seru Naga-naga Lucu

Jakarta – Hiccup (disuarakan oleh Jay Baruchel) dan naga terlucu sedunia, Toothless kembali dalam sekuel animasi paling menggemparkan tahun ini. Melanjutkan film pertamanya yang sukses baik secara kualitas maupun komersial, ‘How To Train Your Dragon 2’ menyoroti kisah para Viking yang tinggal di Pulau Berk.

Kali ini para Viking sudah berbaikan dengan para naga. Tidak hanya berbaikan, mereka bahkan bersenang-senang dengan melakukan perlombaan menangkap domba bersama naga-naga mereka. Hiccup adalah satu-satunya bocah Berk yang lebih tertarik menjelajah dunia. Petualangannya mengarungi dunia di luar Berk membuatnya bertemu dengan sosok yang selama ini dia tidak pernah ia kira akan bertemu, sang Ibu, Valka (disurakan oleh Cate Blanchett).

Di sisi lain, Hiccup yang juga bertemu dengan Eret (disuarakan oleh Kit Harrington, pemeran Jon Snow dalam serial fantastis HBO ‘Game of Thrones’) mengetahui bahwa di luar sana ada seorang pemburu naga yang begitu ditakuti bernama Drago Bludvist (disuarakan oleh Djimon Hounsou). Tertantang untuk menyelamatkan naga-naga, Hiccup pun terbang untuk mencari Drago Bludvist. Hiccup tak tahu, betapa jahat lawan yang akan dihadapinya.

‘How To Train Your Dragon 2’ adalah apapun yang Anda butuhkan dalam sebuah film animasi keluarga. Film ini menyenangkan, menegangkan, lucu dan menyentuh. Begitu menyentuhnya, jangan kaget bila Anda tiba-tiba menitikkan air mata di beberapa adegan. Sang sutradara dan penulis skrip, Dean DeBlois adalah veteran animasi yang tahu betul resep untuk membuat tontonan menghibur level maksimal. Kepiawaiannya bisa Anda buktikan dengan melihat betapa cepat ia mengubah emosi penonton dari tegang ke gemas, dan ke sedih dalam satu jentikan jari.

Animasi Dreamworks memang mempunyai cara kerja yang berbeda dengan animasi Pixar. Jika Pixar lebih memilih para pengisi suara dengan vokal yang dicocokkan dengan karakternya, Dreamworks lebih gemar memilih para aktor yang sudah terkenal untuk melakukannya. Tapi, itu bukan masalah. Terbukti tidak ada satu pun karakter suara yang terdengar salah. Jay Baruchel, Gerard Butler, America Ferrera, Craig Ferguson kembali mengentak dengan karakter mereka masing-masing. Barisan komedian gila seperti Jonah Hill, Christopher Mintz-Plasse, T.J. Miller dan terutama Kristen Wiig juga memberikan suntikan fun yang cukup untuk membuat petualangan para naga ini menjadi lebih seru.

Para pendatang baru seperti Djimon Hounsou dan Kit Harrington memang seru tapi Cate Blanchett-lah yang begitu mencuri perhatian sebagai Valka. Dengan aksen yang kental, penonton bisa merasakan aura bijak menyelimuti film animasi seharga 145 juta dolar AS ini. Dengan visual yang spektakuler –mulai dari Pulau Berk yang begitu sensasional sampai istana es Valka yang menggetarkan iman– ‘How To Train Your Dragon 2’ jelas layak untuk ditonton berulang-ulang. Penonton juga bisa melihat jenis-jenis naga lain yang begitu beraneka ragam.

Satu poin penting yang perlu dicatat adalah kenyataan bahwa ‘How To Train Your Dragon’ adalah film animasi pertama yang dengan berani menunjukkan karakter yang openly gay. Adegan ini dibuat dengan begitu terang sehingga Anda mungkin tidak akan menyadarinya. Ketika Valka dan Stoic (disuarakan oleh Gerard Butler) bertemu untuk pertama kalinya, karakter bernama Gobber (disuarakan oleh Craig Ferguson yang juga gay di dunia nyata) nyeletuk, “This is why I never got married. That, and one other reason.” Sebuah langkah yang begitu berani dilakukan oleh studio besar Hollywood dalam sebuah film animasi yang ditujukan untuk seluruh keluarga.

Keputusan membuat Gobber untuk coming out dalam ‘How To Train Your Dragon 2’ membuktikan pernyataan DeBlois bahwa film animasi tidak hanya ditujukan kepada anak-anak tapi juga untuk orang dewasa. Dan itu adalah sebuah jaminan bahwa tidak hanya anak-anak bisa tertawa dan terhibur dengan petualangan Hiccup dan Tootless, tapi Anda juga bisa menikmatinya sebesar keponakan dan putra-putri Anda. Dan, mari kita tandai kalender 2016 untuk menunggu bagian ketiga dari ‘How To Train Your Dragon’.

Candra Aditya penulis, pecinta film. Kini tengah menyelesaikan studinya di Jurusan Film, Binus International, Jakarta.

Sumber :  http://hot.detik.com/movie/read/2014/06/18/161757/2611943/229/how-to-train-your-dragon-2-petualangan–lebih–seru-naga-naga-lucu


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close