Binus University Punya Program Studi Design Kelas Dunia

Liputan6.com, Jakarta – Binus University Internasional bersama Northumbria University – Newcastle, Inggris telah meresmikan kerja sama pendidikan untuk program studi Graphic Design & New Media, Fashion Design, dan Fashion Management.

Menurut Rektor Binus University Prof Dr Ir Harjanto Prabowo MM, kerja sama pendidikan ini akan dapat meningkatkan kualitas program Graphic Design & New Media dan mahasiswa Binus University.

“Kehadiran Binus Northumbria School of Design (BNSD) di Indonesia akan membuat mahasiswa Binus bisa mendapatkan gelar ganda dalam waktu 4 tahun tanpa harus kuliah ke luar negeri dan juga dapat menghasilkan karya serta design yang nantinya dapat diakui dunia. Design anak Indonesia itu sangat kreatif dan punya potensi menjadi besar,” jelas Harjanto saat memberikan keterangan pers.

Kerja sama pendidikan antara Binus University dan Northumbria University mendapatkan dukungan dari Menteri Pendidikan Inggris, The Rt Hon David Willetts MP yang hadir bersama Vice Chancellor, Northumbria University, Prof Andrew Wathey untuk menandatangani perjanjian kerja sama.

Dalam sambutannya, David Willetts mengharapkan kerja sama dua universitas antarnegara ini dapat menghasilkan sekolah desain berkelas dunia Indonesia, khususnya industri kreatif.

Kerja sama Binus University dengan Northumbria University, menurut Rektor Binus University dimulai pada tahun 2012, saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak para Rektor Universitas untuk studi banding ke Inggris.

“Dukungan kerja sama ini diperkuat oleh hubungan bilateral pemerintah Inggris dan pemerintah Indonesia. Pada tahun 2012, Presiden SBY bersama para Rektor Universitas melakukan studi banding dengan beberapa Universitas UK untuk peningkatan pendidikan dan kerja sama. Setelah pertemuan itu berlanjutlah pada pembahasan Binus University dengan Northumbria University yang memiliki minat yang dalam program Graphic Design & News Media,” jelas Harjanto.

Lebih lanjut, Harjanto menceritakan tentang program Graphic Design & New Media yakni pada setiap akhir semester, tim audit dari Northumbria University akan datang ke Jakarta untuk memberikan penilaian tugas mahasiswa dan mengadakan workshop serta masukan kepada dosen untuk pengembangan program.

Jauh sebelum kerja sama pendidikan program studi Graphic Design ini dilakukan, pada tahun 2012, mahasiswa Fashion Design dan Fashion Management dari Binus International dan mahasiswa dari Northumbria University pernah melakukan riset bersama untuk mempelajari kain tenun Lombok. Hasil riset mereka tampilkan pada Jakarta Fashion Week 13.

Hadir pula Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Prof Dr Djoko Santoso untuk menyaksikan peresmian kerja sama antara Binus University dan Northumbria University.

Sumber : http://palingaktual.com/345926/binus-university-punya-program-studi-design-kelas-dunia/read/

Download : Binus University Punya Program Studi Design Kelas Dunia

Whatsapp