People Innovation Excellence

‘The Lego Movie’: Petualangan Gila Si Kotak Balok

Saat Anda membaca review ini, ‘The Lego Movie’ sudah bertengger di puncak box office Amerika dengan $ 69 juta dollar, 9 juta diatas bujet produksinya dan itu baru minggu pertama. Film ini tak hanya memporak-porandakan box office namun juga menarik hampir semua kritikus film untuk memberikannya nilai tinggi. Bagaimana bisa sebuah film animasi untuk anak-anak menjadi seluar biasa itu? Apakah ini keajaiban?

Emmet (disuarakan oleh Chris Pratt) adalah seorang pekerja konstruksi yang selalu upbeat, positive thinking dan ceria setiap saat. Walaupun baik dan selalu memiliki aura yang positif, dia adalah satu-satunya pekerja konstruksi yang tidak mempunyai teman dekat. Alasannya, dia tak seistimewa itu. Namun, semua itu berubah ketika Emmet bertemu dengan seorang gadis atraktif bernama Wyldstyle (disuarakan oleh Elizabeth Banks). Wyldstyle yang sedang mencari Piece of Resistance, sebuah benda yang akan membawa dunia ke tempat yang jauh lebih baik, terpaksa harus menjaga Emmet. Sebab, Emmet-lah yang berhasil menemukan benda tersebut.

Emmet pun akhirnya bertemu dengan Vitruvius (disuarakan oleh Morgan Freeman), seorang penyihir yang meramalkan bahwa seseorang yang berhasil menyentuh Piece of Resistance adalah lawan yang tepat untuk mengalahkan Lord Business (disuarakan oleh Will Ferrell). Hampir semua orang meragukan kemampuannya untuk mengalahkan Lord Business. Tapi, Vitruvius percaya bahwa Emmet bisa melakukannya dan saat itulah petualangan terseru abad 21 dimulai.

Tak bisa disangkal ‘The Lego Movie’ adalah film paling “ngiklan” sepanjang masa. Bahkan dibandingkan dengan ‘Transformers’ atau ‘Battleship’ –yang juga sama-sama diadaptasi dari mainan populer di Amerika– ‘The Lego Movie’ adalah film yang paling berjualan. Dan, film ini tidak berusaha keras untuk menutupi itu. Tapi itu tidak masalah karena pembuatnya, Phil Lord dan Chris Miller, berhasil menjadikan ‘The Lego Movie’ menjadi sebuah film yang tidak hanya membuat anak-anak kecil tertawa terbahak-bahak namun para orangtua yang menemani mereka juga bisa menikmatinya dengan mantap.

Membuat film animasi bukanlah hal yang baru bagi Phil Lord dan Chris Miller –yang juga menulis skripnya. Ini adalah film animasi kedua mereka setelah ‘Cloudy With A Chance of Meatball’ yang juga menyenangkan. Karier mereka melaju dengan kencang setelah berhasil membuat Jonah Hill dan Channing Tatum menjadi orang tolol/keren sedunia dalam proyek remake ’21 Jump Street’ tahun lalu. Dengan joke-joke paling liar, tak jarang vulgar, dan semangat yang menggebu-gebu, proyek remake yang tadinya dianggap tidak menjanjikan oleh banyak orang, ternyata menjadi salah satu komedi paling menggetarkan pada 2012.

Pendekatan yang sama dipakai Lord dan Miller dalam membuat ‘The Lego Movie’ ini. Secara struktur plot, film ini sama sekali tidak menawarkan hal yang baru. Film tentang perjalanan karakter biasa menjadi pahlawan bisa Anda temukan di mana-mana. Namun, yang menjadi berbeda adalah bagaimana Lord dan Miller menekannya sampai ke batas maksimal. Dalam ‘The Lego Movie’ semuanya dibuat hiperbola. Keceriaan dan energinya dibuat dengan menggebu-gebu, lengkap dengan theme song dari Tegan and Sara yang tidak hanya catchy namun juga menggambarkan dunia ‘The Lego Movie’ dengan sempurna.

Tidak berhenti di situ, Lord dan Miller juga kerap menghadirkan kejutan-kejutan menyenangkan yang dijamin tak hanya penonton anak-anak saja yang menyukainya tapi juga akan membuat penonton dewasa tersenyum kesenangan. Kehadiran Batman (disuarakan oleh Will Arnett), Superman (disuarakan oleh Channing Tatum) sampai Green Lantern (disuarakan oleh Jonah Hill) memang spesial, tapi tunggu ketika tiba-tiba ada karakter paling ikonik dalam sejarah perfilman muncul di layar.

Dengan visual yang supermegah –direkomendasikan untuk menontonnya dalam versi 3D– 100 menit Anda tidak akan terbuang sia-sia. Hampir semua frame begitu memanjakan mata. Semua warna begitu cemerlang dan semua gerakan terasa begitu smooth. Anda bahkan tidak bisa membedakan mana yang stop-motion dan mana yang CGI. Barisan pengisi suaranya pun memuaskan –dari Chris Pratt sampai Liam Neeson. ‘The Lego Movie’ adalah film animasi paling gila, paling tak tahu malu, paling energetic dan paling berkarakter. Ajak semua orang menonton film ini dan bersiaplah masuk ke sebuah dunia yang tak memberi tempat pada kata “bete”.

Candra Aditya penulis, pecinta film. Kini tengah menyelesaikan studinya di Jurusan Film, Binus International, Jakarta.

Sumber : http://hot.detik.com/movie/read/2014/02/12/132718/2494538/229/the-lego-movie-petualangan-gila-si-kotak-balok

Download : Petualangan Gila Si Kotak Balok


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close