People Innovation Excellence

Binus Northumbria Design School, Kampus Desain Berkurikulum Inggris

Binus Northumbria Design School

Salah satu bidang yang diprediksi akan menjadi pemimpin industri di masa depan adalah Arts and Design. Jadi, bukan rahasia lagi jika anak-anak muda begitu menggemari dan berlomba-lomba menjadi yang terdepan dalam berinovasi di bidang seni.

Melirik hal ini, untuk memberikan pengalaman dan pendidikan di bidang kreatif, dengan kurikulum yang up to date, School of Design Binus International yang merupakan bagian dari Bina Nusantara Group menggelar kerja sama dengan Northumbria University, Newcastle, Inggris. Hasil kerja sama dari kedua kampus tersebut melahirkan Binus Northumbria Design School (BNDS). Northumbria University sendiri merupakan universitas yang memiliki program fashion tertua di Inggris dan terkenal akan program pembelajaran serta kualitas lulusannya.

Selanjutnya, kurikulum yang akan digunakan Binus Northumbria Design School pun perpaduan antara kurikulum Binus dengan Northumbria University. Dia mengakui, untuk menciptakan nama tersebut tidaklah mudah.

Executive Dean Binus International Firdaus Alamsjah mengatakan, Binus sudah bekerjasama dengan University Northumbria sejak 2007. Kerja sama ini diharapkan semakin meningkatkan kreativitas para mahasiswa dalam memanfaatkan nilai-nilai lokal untuk terus mengedepankan industri desain Indonesia.

“Kita serius untuk memakai nama bersama supaya tanggung jawabnya juga sama-sama. Jadi, sekarang kita sama-sama bahkan mereka percaya dosen mereka pun akan datang ke kita untuk membantu mengajar,” ucapnya.

Kerja sama ini diharapkan semakin meningkatkan kreativitas para mahasiswa dalam memanfaatkan nilai-nilai lokal untuk terus mengedepankan industri desain Indonesia.

“Kerja sama ini menitikberatkan kepada industri kreatif sebagai core competency para mahasiswa yang berorientasi pada karier di dunia fashion,” ujar Minaldi Loeis, Dean Faculty of Creative Media & Technologies Binus International, di Jakarta, Kamis (30/1/2014).

Dia mengatakan, pasar perdagangan bebas antarnegara ASEAN akan dimulai pada 2015 mendatang dan salah satu bidang yang diprediksi akan menjadi leading industry adalah industri kreatif. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya industri kreatif yang bermunculan, baik di Indonesia maupun mancanegara.

Binus Northumbria Design School bercita-cita untuk menjadi sekolah desain terbaik di Indonesia. Karena Indonesia dan negara anggota ASEAN saat ini merupakan salah satu negara yang paling cepat berkembang, termasuk di dunia.

“Industri kreatif saat ini semakin merambah ke kalangan generasi muda yang berlomba-lomba menciptakan kreasi dan inovasi dalam bidang ini sehingga kami di dunia pendidikan pun harus turut berperan serta menyediakan pendidikan dalam bidang kreatif untuk mereka, generasi muda kita,” ujar Minaldi.

Minaldi mengatakan, hadirnya Binus Northumbria Design School ini bisa semakin mempererat kerja sama yang telah terjalin sebelumnya, terutama para mahasiswa yang mengambil program Arts & Design, Fashion Design, dan Fashion Management.

Executive Dean Binus International Firdaus Alamsjah mengatakan, kebanyakan orang Indonesia jika kuliah mengambil jurusan Ekonomi, Teknik, dan Komunikasi. Namun jarang mengambil jurusan Desain, Fashion, dan Film yang bisa dikatakan susah.

“Artinya, kita di Binus International mengambil peranan untuk mengedukasikan pasar, bahwa ini adalah jurusan yang bagus. Karena Indonesia kaya akan budaya, seperti batik yang setelah kita populerkan dan setelah kita masukkan faktor teknologi untuk bagaimana membuat bahan lebih bagus, dan bagaimana membuat teknik warna lebih bagus,” ujarnya

“Mereka bisa mendapatkan dual degree dalam waktu 4 tahun tanpa harus ke luar negeri dan pada setiap akhir semester, tim audit dari Northumbria akan datang ke sini untuk memberikan workshop dan penilaian bagi mahasiswa dan dosen,” tuturnya.

Hingga dua tahun terakhir ini, lanjut dia, mahasiswa School of Design Binus International telah berpartisipasi di ajang bergengsi Jakarta Fashion Week. Hasil-hasil karya busana yang ditampilkan para mahasiswa itu terinspirasi dari kebudayaan Lombok dan Kalimantan yang mendapat dukungan dari Northumbria University.

Sumber : http://trenfashion.org/binus-northumbria-design-school-kampus-desain-berkurikulum-inggris/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close