People Innovation Excellence

UGM Raih Juara I IVED yang digelar di UKSW

Universitas Gajah Mada (UGM) keluar menjadi Juara I The 2014 Indonesian Varsities English Debate (IVED). Tim UGM berhasil menyingkirkan tim dari Universitas Indonesia (UI) di babak final main category yang digelar di Balairung Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Selasa (14/1) siang. Berhasil meraih Juara III adalah Institut Teknologi Bandung dan Binus International.

Di kategori novice, Perguruan Tinggi Teknokrat berhasil meraih Juara I disusul oleh Universitas Negeri Jenderal Soedirman. Selain para pemenang di kategori novice dan main, juga terpilih best speakers untuk masing-masing kategori.

10 best speakers main category adalah Indriani Pratiwi (UGM), Romario Hasintongan (UGM), Alif Satria (UGM), Irene Anindyaputri (Universitas Sanata Darma), Magreta Kailla Adenta (UI), Terry Muthahhari (UI), Melisa Irene (Binus International), Muhammad Fidhzariyan (UGM), Kristi Ardiana (UI) dan Albert Santoso (UI).

Sedangkan 5 best speakers vovice category adalah Kristi Ardiana (UI), Aldilla Irsyad (UGM), Muhammad Himanghadi (UGM), Rosa Vania Setowati (Universitas Sanata Darma) dan Ganjar Denis Prajasa (UGM). Top three best reply speaker adalah Wira Agung Swadana (Universitas Padjadjaran), Melisa Irene (Binus International) dan Indriani Pratiwi (UGM).

Tidak Sekedar Bahasa Inggris

Penyerahan trophy penghargaan dilakukan langsung oleh Pembantu Rektor IV UKSW Dra. Martha Nandari S. Handoko, MA kepada Juara I, II dan III. Ditemui seusai penyerahan penghargaan, Martha Nandari mengungkapkan adalah suatu kehormatan UKSW menjadi tuan rumah penyelenggaraan IVED tahun ini karena ajang ini sangat prestisius dan merupakan kegiatan positif untuk para mahasiswa.

“Khususnya sebagai persiapan menghadapi ASEAN Free Trade Area (AFTA) dimana kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan. IVED juga tidak hanya sekedar ajang bahasa Inggris saja karena diperlukan kemampuan logika, persuasive dan pengetahuan dalam bidang lainnya,” terang Martha Nandari.

IVED adalah kompetisi debat tingkat nasional yang diselenggarakan setiap tahun dan diikuti oleh universitas-universitas maupun sekolah tinggi diseluruh Indonesia. Kompetisi ini sudah berlangsung sejak tahun 1998.

UKSW mengirimkan 2 tim dalam ajang ini. Tim A terdiri dari Dewi Ratoja D.W; Yuandhika Wijaya, Frenky Batunan dan Astrid L.N. Ledewara. Sedangkan Tim B terdiri dari Aldy Pratama, Aurelia Melinda Herta Puspita, Rian Isdianto Salean dan Wiga Vivianingtyas. Tim B berhasil masuk semi final kategori novice.

Tahun ini IVED diikuti 52 tim dari 30 perguruan tinggi dan sekolah tinggi di Indonesia.  Tema yang diusung IVED tahun ini adalah Respecting Diversity, Creating Unity. IVED resmi dibuka Rektor UKSW Prof. Pdt. John A. Titaley, Th.D Jumat (10/1) siang. Tahun depan, IVED akan diadakan di Universitas Indonesia. (upk-bphl/foto:upk)

Sumber : http://www.uksw.edu/id.php/info/detail/type/fokus/stamp/1389878504/title/ugm-raih-juara-i-ived-yang-digelar-di-uksw


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close