‘The Secret Life of Walter Mitty’: Petualangan Indah Penyemangat Awal Tahun

Jakarta – Walter Mitty (diperankan oleh Ben Stiller) adalah pria paruh baya yang menjalani kehidupannya seperti robot. Dia bangun tidur, pergi ke tempat kerja, melakukan pekerjaannya dan kembali tidur. Dulu, dia tidak begitu. Pernah ada fase dalam hidupnya ketika dia mempunyai rambut mohawk dan bermain skateboard dengan canggih. Tapi, itu dulu, sebelum dia harus menanggung beban keluarga setelah ayahnya meninggal.

Satu-satunya yang membuat hidupnya masih berwarna adalah sesosok perempuan bernama Cheryl (Kristen Wiig) dan imajinasinya yang liar. Walter Mitty memang tidak pernah ke mana-mana dalam hidupnya. Namun, imajinasinya yang aktif membuatnya kerap melakukan hal-hal yang mungkin hanya bisa dilakukan oleh Vin Diesel dalam film-filmnya.

Namun, semua itu akan segera berubah. Majalah LIFE, tempat Walter Mitty dan Cheryl bekerja, akan bermigrasi menjadi majalah online dan perusahaan siap memangkas karyawan dalam jumlah besar. Dalam edisi terakhirnya, Walter Mitty mendapatkan petuah dari Sean O’Connel (Sean Penn) yang katanya memiliki foto paling spektakuler sedunia untuk dijadikan cover terakhir majalah tersebut. Masalahnya, klise film nomor 25 yang dimaksud raib dan Walter Mitty harus mencarinya. Dan, dimulailah petualangan yang segera akan mengubah hidup Walter Mitty.

Ben Stiller adalah seorang komedian yang terkenal. Bagi yang menonton aksi-aksinya seperti dalam ‘Dodgeball’ atau serial ‘Meet The Parents’, Anda pasti sudah akrab dengan keliarannya memainkan karakter yang gila dan komikal. Sense of humor-nya yang tinggi pun tidak hanya ditunjukkan ketika dia sedang bermain film, namun ketika dia mempersembahkan piala seperti di acara Oscar. Ben Stiller adalah orang yang begitu percaya diri untuk tampil dalam kostum manusia-manusia Na’vi dalam film ‘Avatar’.

Tapi, Ben Stiller sebagai sutradara? Apakah dia cukup bagus? ‘Reality Bites’, ‘The Cable Guy’ dan ‘Zoolander’ adalah film yang oke tapi ‘Tropic Thunder’-lah yang meyakinkan seluruh dunia bahwa Ben Stiller adalah sutradara yang hebat. Dalam ‘Tropic Thunder’ Ben Stiller sanggup membuat sebuah film yang tidak hanya berani –mengolok-olok Hollywood dan membuat Tom Cruise menjadi super menjijikkan– namun juga sangat lucu dan menegangkan. Hal itu rupanya tidak dia lupakan ketika mengerjakan ‘The Secret Life of Walter Mitty’.

Steve Conrad sebagai penulis skripnya –adaptasi dari cerita pendek karya James Thurber– memang tidak memberikan sebuah materi yang superbrilian. Namun, secara plot, film ini mengalir dengan nyaman. Ada beberapa bagian yang terasa janggal namun itu pun tidak mempengaruhi keseluruhan film. Skrip tersebutlah yang akhirnya diterjemahkan Ben Stiller menjadi petualangan roller coaster penuh emosi yang sungguh memuaskan. Berlebihan?

Salah satu kelebihan film ini adalah bagaimana cara Stiller membawakan perannya. Walter Mitty di awal film adalah sosok yang membosankan dan Stiller memerankannya dengan kesungguhan yang cukup sehingga ketika Mitty berhasil keluar dari zona nyamannya, penonton rasanya ingin bersorak senang. Bagaimana cara dia berkomunikasi dengan orang lain, body languange-nya, tatapan matanya, semuanya mulai berubah begitu dia memulai petualangannya mencari Sean O’Connel. Dan di akhir film, penonton pun hanya bisa menyeringai lebar menyaksikan perubahan drastis Walter Mitty.

Ketika orang mencari tawa dalam film Ben Stiller, justru kerendahan hati dan semangatnya yang membuat film ini menjadi luar biasa. Ditambah, sinematografi yang akan membuat Anda ingin travelling —kudos to Stuart Dryburgh– dan musik penyemangat terbaik, Theodore Shapiro, ‘The Secret Life of Walter Mitty’ menjadi sebuah film dengan mood paling menyenangkan yang Anda akan tonton awal tahun ini.

Bagi Anda yang suntuk dengan pekerjaan awal tahun yang sudah menggunung, sumpek dengan kesibukan yang tiada hentinya, segeralah pergi ke bioskop. Luangkan waktu dua jam untuk menyaksikan petualangan indah Walter Mitty dan saya yakin semua bad mood Anda akan lenyap.

Candra Aditya penulis, pecinta film. Kini tengah menyelesaikan studinya di Jurusan Film, Binus International, Jakarta.

Sumber : http://hot.detik.com/movie/read/2014/01/06/103343/2458988/218/2/the-secret-life-of-walter-mitty-petualangan-indah-penyemangat-awal-tahun

Whatsapp